Beauty

Ini Aturan Merawat Kulit Remaja ala Dermatologis

date: 07 December 2020

Loveliest, pernah tidak sih kamu bertanya-tanya kapan sebaiknya mulai merawat kulit? Jawabannya, semakin cepat semakin baik.

Seperti halnya orang dewasa, remaja juga perlu lho memilih produk skincare yang tepat dan merawat kulit secara rutin. Dengan begitu, kamu akan terlihat awet muda saat menginjak usia 20, 30, atau bahkan 40.

Tidak perlu takut ribet. Merawat kulit remaja itu sebenarnya gampang kok. Yang penting, kamu tahu hal-hal atau kebiasaan apa saja yang harus dilakukan dan dihindari.

newest article

Mau Tampil Fresh dan Lovely?…

baca selengkapnya

viewed article

Kulit Lebih Menawan dengan Red Pomegranate

baca selengkapnya

related article

5 Kesalahan yang Sering Terjadi…

baca selengkapnya

related article

Basic Hair Care

baca selengkapnya

related article

Awas! Bahaya Sinar UV

baca selengkapnya

Nah, belum lama ini Gadis Academy dan Emeron Lovely White UV mengadakan kelas virtual berjudul Dos & Don’ts for Lovely Face Skin lewat Instagram Live. Pada acara tersebut, ahli dermatologi sekaligus dokter spesialis kulit dan kelamin, Jonathan Raharjo Subekti membagikan tips merawat kulit remaja yang simpel.

  • Jaga pola makan dan minum

Merawat kulit harus dilakukan dari luar dan dalam. Selain rutin memakai produk skincare, kamu juga perlu menjaga pola makan.

Jadi, hindari mengonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan, karena bisa memicu produksi sebum secara berlebih. Akibatnya, kulit wajah jadi lebih berminyak dan rentan berjerawat.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengurangi makanan dan minuman manis serta produk-produk dairy, mulai dari susu sapi, keju, sampai yogurt.

Sebaliknya, perbanyak konsumsi air putih serta buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin dan mengandung nutrisi yang baik untuk kulit.

  • Kenali jenis dan kebutuhan kulit

Menurut Jonathan, kunci mendapatkan kulit wajah yang lovely adalah dengan benar-benar mencari tahu jenis dan kondisinya. Setelah itu, barulah kamu bisa mengetahui apa kebutuhan kulit wajahmu.

Sebagai contoh, Jonathan memberitahu cara mendeteksi jenis kulit, yaitu dengan menyentuh permukaan kulit. Kalau terasa sedikit kasar dan bersisik, bisa jadi kamu memiliki jenis kulit kering.

Kemudian, cobalah mencuci wajah menggunakan facial cleanser. Apabila kulit terasa kencang atau ada sensasi tertarik sampai menimbulkan rasa tidak nyaman, berarti kamu punya kulit kering atau sensitif.

Kebiasaan yang perlu dihindari adalah memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis atau kondisi kulit dan tidak memeriksa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

“Kalau sudah tahu punya kulit kering, hindari cleanser dengan formula oil control. Nanti kulit akan semakin kering karena minyak alaminya ikut terangkat. Pastikan kamu juga selalu memakai moisturizer walaupun kita tinggal di negara beriklim tropis, ” kata Jonathan.

  • Atasi masalah kulit satu persatu

Wajah flawless tidak bisa didapat begitu saja. Butuhkan kesabaran dan kehatian-hatian dalam merawatnya. Apalagi kalau kamu punya sejumlah masalah kulit, seperti jerawat dan bekas jerawat, maka harus diatasi satu persatu hingga tuntas.

Misalnya, kamu mau menyamarkan bekas jerawat. Pertama-tama, pastikan dulu masalah jerawat di area tersebut sudah benar-benar teratasi.

Kalau sudah diobati dengan benar, barulah kamu bisa lanjut ke masalah berikutnya, yaitu bekas jerawat. Untuk membantu menyamarkan noda hitam atau bopeng, pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan khusus, seperti retinol, glycolic acid, atau alpha hydroxy acid (AHA).

Jangan sampai kamu kehilangan kesabaran dan malah memakai bahan-bahan aktif dalam waktu bersamaan. Bukannya mulus dan glowing, nanti kulit wajahmu malah tambah bermasalah.

  • Jangan lupa pakai sunscreen

Memakai sunscreen kapan saja dan di mana saja itu hukumnya wajib. Banyak yang mengira kalau sunscreen hanya perlu digunakan saat beraktivitas di luar rumah pada siang hari yang cerah dan terik.

Padahal, menurut Jonathan, sinar matahari dapat menembus jendela dan dinding serta tetap ada meskipun saat cuaca mendung. Itulah kenapa ia mewanti-wanti untuk selalu mengaplikasikan sunscreen setiap hari dan berulang kali meskipun kita berada di dalam rumah.

Ingat, paparan sinar ultraviolet (UV) bisa mengakibatkan penuaan dini, mulai dari keriput, garis halus, sampai flek hitam.

Bicara perlindungan, kriteria produk sunscreen bagus adalah yang mengandung mineral, seperti zinc oxide dan titanium oxide.

  • Pakai bedak agar wajah selalu fresh dan lovely

Supaya terlihat fresh dan lovely setiap saat, wajahmu harus tampak cerah dan bebas dari kilap. Ada tips berfaedah dari Jonathan yang bisa kamu coba, yaitu memakai bedak.

Eits, jangan sembarangan pilih. Pastikan kamu memakai bedak yang tidak hanya berfungsi sebagai riasan, tetapi juga mampu merawat kulit sekaligus memberikan perlindungan dari sinar matahari, seperti Emeron Lovely White UV Face Powder.

Hadir dalam dua varian, yaitu Emeron Lovely Loose Powder dan Emeron Lovely Compact Powder, keduanya memiliki tekstur yang ringan dan mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit wajah.